4shared

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


4shared
URL4shared.com
Tipesitus web dan aplikasi seluler
Registration (en)Wajib, agar bisa mengunduh
LangueBerbagai bahasa (15)
Service entry (en)2005
Peringkat Alexa617 (1r Desember 2017)
KeadaanAktif

4shared[1] ialah penyedia penyimpanan berkas dalam jaringan internet yang berasal dari Ukraina dan berdiri pada tahun 2005 di Kiev oleh Alex Lunkov dan Sergey Chudnovsky. 4shared memiliki sekitar 5.300.234 pengguna, 11.000.222 kunjungan harian, 940TB berkas-berkas yang disimpan dalam 4shared dan 317TB transfer berkas setiap hari.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

4shared[2] memungkinkan bagi para penggunanya untuk dapat mengunggah (upload) dan mengunduh (download) berkas dalam jaringan menggunakan perambah web. Bagi pengguna regular yang mendaftar secara gratis bisa mengunggah dan menyimpan berkas-berkas mereka hingga kisaran 10240 MB atau 15 GB ke dalam akun 4shared mereka. Namun bagi pengguna yang telah memverifikasi akun email mereka, maka kapasitas penyimpanan akan bertambah menjadi 15 GB. Lain halnya bagi pengguna premium yang dapat menyimpan berkas-berkasnya dalam jaringan hingga kisaran 100 GB dalam akun 4shared beserta kelebihan-kelebihan lainnya dibandingkan dengan pengguna regular.

Berkas yang telah diunggah akan disimpan dalam jaringan dan kemudian akan diberi alamat URL dan tautan web yang unik yang memungkinkan bagi pemilik akun ataupun pengguna lain baik yang terdaftar ataupun tidak untuk dapat mengunduh dan berbagi-pakai berkas tersebut. Berkas yang telah disimpan memiliki masa kedaluwarsa hingga 30 hari setelah pengunggahan atau pengunduhan terakhir, setelah itu berkas akan terhapus dengan sendirinya. Namun bagi pengguna premium, mereka tidak memiliki batasan waktu dalam penyimpanan berkas-berkas mereka.

Tampilan antarmuka 4shared hampir serupa dengan tampilan Windows explorer sehingga sangat mudah untuk digunakan.[3] Pengguna anonim tidak dapat mengunduh, pengguna biasa harus menunggu secepat-sepatnya sekitar 520/20 detik tanpa harus memasukkan kode 'CAPTCHA' untuk dapat menguduh suatu berkas, pengguna premium bisa mengunduh beberapa berkas sekaligus dalam waktu yang bersamaan, tanpa waktu tunggu, tanpa batasan.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Pengguna bisa memberikan penilaian dengan memberikan ranah (rating) hingga 5 bintang, membagi tautan dan informasi pada berbagai jejaring sosial, memberikan testimoni dan komentar yang bisa diberikan pada suatu berkas. Seorang pengguna juga bisa berlangganan untuk dapat mengetahui perkembangan-perkembangan berkas yang dimiliki oleh pengguna lain, layaknya seorang pengguna yang dapat melihat status temannya pada akun Facebook atau Twitter

4shared memiliki sistem pencarian yang lengkap yang akan memungkinkan pemilihan format-format berkas atau ekstensi dari suatu berkas yang memudahkan dalam pencarian suatu berkas.

Peranti lunak[sunting | sunting sumber]

4shared desktop[sunting | sunting sumber]

4shared desktop adalah peranti lunak atau software pengatur yang disediakan secara gratis untuk pengguna Windows, Linux, dan Mac yang memungkinkan pengunggahan dan pengunduhan dilakukan secara mudah dengan cara mengklik kanan suatu berkas layaknya sistem pengatur berkas yang ada pada standar Windows.[4] Peranti ini juga memberikan kemudahan-kemudahan yang lain, seperti kemampuan me-resume pengunggahan dan pengunduhan yang terputus, dan memberikan detail statistik dari transfer data yang dilakukan dan lain sebagainya.

4shared mobile[sunting | sunting sumber]

4shared mobile adalah peranti lunak yang serupa dengan 4shared desktop, hanya saja peranti ini beroperasi pada telepon seluler yang bersistem operasi Symbian dan iPhone. Fitur-fitur yang disediakan tidak jauh berbeda dengan 4shared desktop seperti mengelola dan mengatur berkas dan folder, mencari berkas favorit, dan mencari, mengunduh dan mengunggah berkas yang baru dan lain sebagainya yang bisa dilakukan di manapun dan kapan pun melalui peranti telepon seluler.[5]

4shared toolbar[sunting | sunting sumber]

4shared toolbar adalah peranti lunak pengaya yang bisa dipasang pada beberapa perambah web seperti Safari, Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Peranti ini memungkinkan untuk dapat mengakses 4shared Desktop, laman web 4shared dan akun 4shared pribadi. Dengan 4shared toolbar seorang pengguna bisa mendapatkan akses permainan gratis, menonton TV dan mendengarkan stasiun radio dalam jaringan, dan menerima informasi dan pengumuman langsung dari 4shared.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Penerangan tentang syarikat di Crunchbase
  2. ^ Penerangan tentang syarikat di AboutUs.org
  3. ^ "PCWorld tentang 4shared". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-19. Diakses tanggal 2010-11-02. 
  4. ^ "Tentang 4shared desktop". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-07-29. Diakses tanggal 2010-11-02. 
  5. ^ Tentang 4shared mobile
  6. ^ Tentang 4shared toolbar

Pranala luar[sunting | sunting sumber]