27 True Runes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

27 True Runes atau dapat diterjemahkan sebagai 27 Rune Sejati adalah alat plot Suikoden (sebuah permainan video jenis RPG). True Runes dapat dianalogikan seperti Sistem Mutlak karena keberadaan mereka memiliki kekuatan seperti Dewa di dunia Suikoden.

Mitos True Runes[sunting | sunting sumber]

Ada sebuah prosa yang menceritakan legenda 27 True Runes, yaitu:

English Bahasa Indonesia
In the beginning, there was "darkness."
Then, the "darkness" shed a "tear."
From that "tear," the brothers Sword and Shield were born.
Shield claimed it could defend against any attack.
Sword claimed it could slice through anything.
The brothers began a legendary battle.
At the end, both Sword and Shield shattered.
Sword became the sky, Shield became the earth, and the sparks from the battle became the stars.
As for the jewels, they fell to the ground and became the True Runes--The runes that all other runes were born from.
Pada mulanya, terdapat "kegelapan".
Kemudian, "kegelapan" menghasilkan "tetesan".
Dari "tetesan" itulah, Pedang dan Perisai bersaudara lahir.
Perisai mengklaim bahwa dia dapat terlindungi dari apapun.
Pedang mengklaim bahwa dia dapat memotong apapun.
Kedua bersaudara itupun memulai pertarungan yang legendaris.
Pada akhirnya, Pedang dan Perisai pecah.
Pedang menjadi langit, Perisai menjadi tanah, dan percikan dari pertarungan menjadi bintang-bintang.
Sementara permata, mereka jatuh ke tanah dan menjadi True Runes yang kemudian melahirkan rune-rune lain.

Daftar True Runes[sunting | sunting sumber]

Menurut legenda, ada 27 True Runes yang ada namun sampai Suikoden V belum semuanya dipublikaskan. Berikut adalah daftar True Runes yang sudah dipublikasikan oleh Konami.

Soul Eater (Rune of Life and Death)[sunting | sunting sumber]

Pemegang Terdahulu: Ted, Fog Ship Guide, Kakek Ted
Pemegang Saat Ini: Tir Mc Dohl
Unsur: Kematian, Kehidupan, Pengorbanan
Anak Rune: Rune of Darkness

Soul Eater adalah sebuah rune yang memiliki peran penting dalam Cerita Suikoden I, Perjalanan Soul Eater cukup lama bersama ted (sekitar 300 tahun-an). Ted memiliki kekuatan Soul Eater Dari Kakeknya ketika Windy, Yuber, dan Neclord menyerang Desa Hidden Rune (Village of Hidden rune). Setelah itu Ted juga ikut serta dalam Perang Island Nations - Kooluk. Setelah Sekian lama Ted Berjelajah Ia ditemukan oleh Teo Mc Dohl sebagai seorang Orphan dalam perang, maka Ted yang tinggal bersama Teo memiliki seorang sahabat yaitu, Tir. Dalam menjalankan sebuah misi, Ted terpaksa menggunakan Soul Eater dan Membuat Windy mengetahui Keberadaan Soul Eater itu, Setelah Ted pulang dari Istana kerajaan Ted sekarat karena Dipaksa Windy untuk menyerahkan Soul Eaternya, Maka Ted tidak mau dan disiksa oleh Windy. Di akhir hidupnya Ted memberi Kekuatan Soul Eater Kepada Tir. Dan Tir Juga menggunakan Soul Eater dalam Jatuhnya Scarlet Moon Empire, dan Dunan Unification War

Beast Rune[sunting | sunting sumber]

Pemegang Terdahulu: Holy Kingdom of Harmonia, Keluarga Blight
Pemegang Saat Ini: Tak diketahui
Unsur: Hewan, Amarah, Semangat
Anak Rune: Beast Rune

Beast Rune sebelumnya dimiliki oleh Kerajaan Harmonia. Rune ini mewakili kekuatan buas dan kemauan True Runes. Beast Rune menempatkan dirinya di L'Renouille Palace, ibu kota Kerajaan Highland, yang pada saat itu baru dibangun. Untuk menyembunyikan ketidakmampuannya dalam mengendalikan Rune ini, Harmonia lalu mempersembahkannya kepada Keluarga Blight sebagai hadiah. Beast Rune berdiam di ruang taktha Highland. Pada masa Suikoden II, Luca Blight memanggil dan membangukan True Rune ini (tahun IS 460). Luca kemudian melepas Beast Rune di kota Muse yang kemudian membunuh penduduk demi mengaktifkan Beast Rune sepenuhnya. Menjelang akhir Suikoden II, Leon Silverberg, ahli strategi Highland menggunakan darahnya untuk menidurkan kembali Beast Rune (sebagian besar pemain mengira Leon melakukan ini untuk mengontrol Beast Rune). Namun Beast Rune mengeluarkan inkarnasi dirinya yang kemudian dikalahkan dan melarikan diri dari istana L'Renouille.

Rune of Beginning[sunting | sunting sumber]

Pemegang Terdahulu: Tak diketahui
Pemegang Saat Ini: Tak diketahui
Unsur: Penghakiman, Penciptaan, Penghancuran
Anak Rune: Black Sword Rune, Bright Shield Rune

True Rune ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Black Sword Rune dan Bright Shield Rune, namun kedua bagian True Rune tersebut masih berupa Rune biasa selama belum disatukan. Untuk menyatukan True Rune ini pemegangnya akan terkena 'kutukan' dimana pemilik salah satu rune harus membunuh pemilik Rune lainnya, dengan begitu kedua Rune akan bersatu membentuk Rune of Beginning secara sempurna.

Black Sword Rune
Pemegang Terdahulu: Han Cunningham
Pemegang Saat Ini: Jowy Atreides/Blight
Unsur: Pertarungan, Serangan, Penghancuran
Anak Rune: -
Black Sword Rune memiliki manifestasi sebagai "Pedang" dalam legenda penciptaan True Runes (namun bukan merupakan "Pedang" itu sendiri). Black Sword Rune didapatkan oleh Jowy Atreides ketika ditemui oleh Leknaat di awal Suikoden II. Sebelumnya Rune ini dimiliki oleh Han Cunningham yang kemudian bersama Genkaku (pemilik terdahulu Bright Shield Rune) menyegel kedua Rune di desa Toto. Pemilik Rune ini ditakdirkan untuk berseteru dengan pemilik Bright Shield Rune agar Bright Shield Rune dan Black Sword Rune bisa bersatu sebagai Rune of Beginning.
Bright Shield Rune
Pemegang Terdahulu: Genkaku
Pemegang Saat Ini: Riou
Unsur: Perlindungan, Penyembuhan
Anak Rune: Shield Rune
Bersama dengan Black Sword Rune, Rune ini disegel oleh Genkaku dan Han Cunningham di desa Toto. Rune ini memanifestsikan dirinya sebagai "Tameng" dalam legenda penciptaan True Runes. Kekuatan Rune ini berlawanan dengan Black Sword, yaitu kekuatan penyembuh dan perlindungan. Rune ini dipegang oleh tokoh utama Suikoden II, Riou. Pada akhir permainan, Riou menolak untuk menyerang Jowy dan akhirnya "kutukan" Beginning Rune dipatahkan sehingga Jowy dan Riou berhasil selamat.

Night Rune[sunting | sunting sumber]

Pemegang Terdahulu: Viktor
Pemegang Saat ini: Edge
Unsur: Malam / Kegelapan
Anak Rune: Star Rune

Night Rune Adalah Rune yang diketahui memiliki kekuatan Kegelapan yang mampu menghancurkan Segel dari Blue Moon Rune milik Neclord (sekarang milik Sierra). Selain itu Rune ini juga Di pecah menjadi 2 bagian diantaranya adalah Star Dragon Sword dan Star Rune milik Zerase. Meskipun memiliki kekuatan yang besar Night Rune hanya dapat mengeluarkan kekuatan sebenarnya pada malam hari saja.

True Fire Rune[sunting | sunting sumber]

Pemegang Terdahulu: Flame Champion
Pemegang Saat Ini: Hugo
Unsur: Api
Anak Rune: Fire Rune, Rage Rune
Usai perang besar antara Harmonia - Grassland yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian damai selama 50 tahun, Flame Champion memutuskan melepas True Fire Rune dan menjalani hidup sebagai manusia biasa hingga akhir hayatnya. Menjelang berakhirnya masa 50 tahun perjanjian damai, bishop Luc dari kerajaan Harmonia berupaya mengumpulkan True Elemental Runes dengan alasan tertentu. Hugo (anak kepala suku Karayan) bersama teman-temannya menggagalkan upaya Luc dan mendapatkan True Fire Rune. Lihat Suikoden III.

True Water Rune[sunting | sunting sumber]

Pemegang Terdahulu: Wyatt Lightfellow / Jimba
Pemegang Saat Ini: Chris Lightfellow
Unsur: Air
Anak Rune: Water Rune, Flowing Rune
Wyatt Lightfellow adalah salah satu sahabat karib Flame Champion (selain Geddoe). Usai perang besar antara Harmonia - Grassland, Wyatt yang berasal dari Zexen Federation tinggal di desa Karaya dan mengganti namanya menjadi Jimba, Wyatt juga melepas dan menyembunyikan True Water Rune yang dipegangnya di suatu tempat rahasia. Di Zexen, Wyatt mempunyai seorang anak perempuan bernama Chris Lightfellow yang di kemudian hari menjadi salah satu ksatria yang disegani dengan julukan "Silver Maiden". Setelah bishop Luc gagal mendapat True Fire, target berikutnya adalah True Water. Di sini pun dia gagal lagi karena True Water memilih Chris Lighfellow sebagai pemegang berikutnya.

True Lightning Rune[sunting | sunting sumber]

Pemegang Terdahulu: tidak diketahui
Pemegang Saat Ini: Geddoe
Unsur: Kilat
Anak Rune: Lightning Rune, Thunder Rune
Geddoe adalah seorang mercenary (serdadu bayaran) dari wilayah Harmonia dan dulu ikut bertempur bersama Flame Champion dan Wyatt Lightfellow. Sejak dulu Geddoe sudah memegang True Lightning Rune yang tidak dilepasnya ketika perang Harmonia - Grassland berakhir, itu sebabnya Geddoe tidak bertambah tua. Geddoe akhirnya bertemu Hugo dan Chris, dan bersama-sama mereka berupaya meredam ambisi Luc.

True Earth Rune[sunting | sunting sumber]

Pemegang Terdahulu: Hikusaak, Sasarai
Pemegang Saat Ini: Sasarai
Unsur: Bumi
Anak Rune: Earth Rune, Mother Earth Rune
Sasarai (bersama Luc) adalah klon dari bishop Hikusaak, pendiri kerajaan Harmonia. Konon Hikusaak mengklon dirinya agar dua True Elemental Runes yang ada di tangannya tidak jatuh ke tangan orang lain. True Earth Rune yang dimilikinya sempat jatuh ke tangan Luc dan menjadi paduan terkuat dalam upaya Luc merebut ketiga True Elemental Rune yang lain. Namun dalam pertarungan akhir di Sindar Ruins, Sasarai mendapatkan kembali True Earth Rune.

True Wind Rune[sunting | sunting sumber]

Pemegang Terdahulu: Hikusaak, Luc
Pemegang Saat Ini: tidak diketahui
Unsur: Angin
Anak Rune: Wind Rune, Cyclone Rune
Luc (bersama Sasarai) adalah klon dari bishop Hikusaak, pendiri kerajaan Harmonia. Konon Hikusaak mengklon dirinya agar dua True Elemental Runes yang ada di tangannya tidak jatuh ke tangan orang lain. Luc yang akhirnya mengetahui dirinya hanya klon kemudian bertekad mengumpulkan seluruh True Elemental Runes (Wind, Fire, Water, Lightning, dan Earth) untuk dihancurkan sekaligus menghancurkan dunia. Namun upayanya digagalkan oleh Hugo dkk. Di akhir cerita, jiwa Luc kembali kepada Lady Leknaat.

Rune of Punishment[sunting | sunting sumber]

Pemegang Terdahulu: Queen of Obel, Pirate Steele, Brandeau, Commander Glenn
Pemegang Saat Ini: Lazlo
Unsur: Perlindungan, Pengorbanan
Anak Rune: Rune Of Condemnation
Salah satu Rune tertua namun kerap disebut sebagai cursed rune, rune yang terkutuk. Rune ini memiliki kekuatan dahsyat namun memakan jiwa pemiliknya setiap kali digunakan sampai akhirnya si pemilik meninggal. Setiap kali pemiliknya meninggal, Rune ini otomatis berpindah pada orang yang ada di dekatnya. Konon Rune of Punishment ini pertama kali dimiliki dan digunakan oleh Queen of Obel untuk melindungi negaranya dari invasi. Setelah beberapa kali berpindah pemilik, Rune ini dimiliki oleh seorang bajak laut kejam bernama Steele yang akhirnya dikalahkan oleh duo bajak laut Edgar dan Brandeau dalam sebuah pertempuran. Dalam pertempuran ini Steele dan Edgar tewas, akibatnya Brandeau menjadi pemegang berikutnya. Beberapa tahun kemudian Brandeau dikalahkan oleh Commander Glenn dari Razril. Glenn tidak cukup kuat memiliki Rune of Punishment sehingga dia tewas ketika baru pertama menggunakannya untuk melindungi Razril, Rune of Punishment berpindah tangan pada Lazlo yang akhirnya difitnah telah membunuh Commander Glenn oleh sahabatnya sendiri, Snowe Vingerhut. Berbeda dengan pendahulunya, Lazlo bisa membawa Rune of Punishment ke tingkat yang lebih tinggi sehingga tidak lagi memakan jiwa pemiliknya. Lihat Suikoden IV.

Sun Rune[sunting | sunting sumber]

Pemegang Terdahulu: Arshtat Falenas, Raja dari Ancient Armes Kingdom,
Pemegang Saat ini: Tidak ada (disimpan di ruang penyimpanan Sol Falena)
Unsur: Cahaya, Penghancuran,Penyembuhan dan Kelahiran
Anak Rune: Dawn Rune, Twilight Rune

Sun Rune Adalah salah satu dari tiga harta peninggalan di falena dan Sun Rune terpecah menjadi 3 bagian yaitu Dawn, Twilight, Sun Rune itu sendiri. Di awal cerita Suikoden 5 Terdapat beberapa Scene yang menunjukan Kekuatan Sun Rune seperti Hilangnya Kendali Arshtat dengan Sun Rune, Kemarahan Raja Armes terdahulu yang membuat Dinasti Armes Hancur, Dan Kembalinya daratan Falena menjadi subur kembali oleh kekuatan Sun Rune itu sendiri. Sun Rune sendiri akan sulit dikendalikan tanpa anak Rune dari Sun Rune (Dawn, dan Twilight). Seperti ketika hilangnya Dawn Rune oleh Fraksi Barrows yang membuat Lordlake terkena kemarahan dari Sun Rune. Setelah kematian Arshtat Sun Rune Dikuasai oleh Fraksi Godwin, namun Godwin tidak dapat menggunakannya karena hanya Ratu yang sebenarnya yang dapat menggunakannya. Sampai perang Sun Rune berakhir ketiga Harta Peninggalan Falena disimpan di ruang penyimpanan Sol Falena.

Dawn Rune
Pemegang Terdahulu: Prince of Falena's
Pemegang Saat ini: Tidak ada
Unsur: Cahaya, Penyembuhan
Anak Rune: Belum Diketahui
Daftar Magic:
Level 1: -Time of Wakening(Change the status of allies)
Level 2: -First Ray (400+ Damage to enemies in one column)
Level 3: -Light of Day (Fully Heals one ally+change the status)
Level 4: -Crimson Sky (1200+ Damage to all enemies)

Dawn Rune Adalah Salah satu dari tiga harta Falena Yang merupakan anak dari Sun Rune

Twilight Rune
Pemegang terdahulu: Lyon, Sialeeds Falena's, Alenia
Pemegang Saat ini: Tidak ada
Unsur: Cahaya, Penghancuran
Anak Rune: Belum Diketahui
Daftar Magic:
Level 1: -Evening Dusk (20% sleep to all Enemies)
Level 2: -Setting Sun (300+ Damage or Instant Death(70%) to one enemies
Level 3: -Silent Afterglow (600+ Damage to all enemies in one Row)
Level 4: -Vermillion Sky (1300+ Damage to all enemies)

Twilight Rune Adalah Salah satu dari tiga harta Falena Yang merupakan anak dari Sun Rune

Pranala luar[sunting | sunting sumber]