Twelve Years a Slave

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari 12 Years a Slave)
Twelve Years a Slave
Illustrasi dari Twelve Years a Slave (1855)
PengarangSolomon Northup
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
GenreOtobiografi
Tanggal terbit
1853
Jenis mediaCetak (sampul keras)
ISBNISBN N/A Invalid ISBN

Twelve Years a Slave (1853) adalah memoar oleh Solomon Northup yang disunting dan dikisahkan kepada David Wilson. Memoar ini mengisahkan mengenai kisah hidup seorang negro merdeka di New York yang diculik di Washington, D.C. dan dijadikan sebagai budak selama 12 tahun di Louisiana. Ia juga memberi rincian mengenai kegiatan pasar budak di Washington, D.C. dan New Orleans, serta menjelaskan luas perkebunan kapas dan gula di Louisiana.

Memoar ini diterbitkan sebagai buku tidak lama setelah penerbitan novel Uncle Tom's Cabin (1852) karya Harriet Beecher Stowe, yang juga mengisahkan mengenai perbudakan. Memoar Northup yang diterbitkan pada tahun 1953 terjual sebanyak 30.000 eksemplar dan dianggap sebagai buku terlaris pada masa itu.[1]

Setelah diterbitkan dalam beberapa edisi pada abad ke-19, buku ini menghilang selama hampir 100 tahun dan akhirnya ditemukan kembali oleh dua sejarawan Louisiana, Sue Eakin dan Joseph Logsdon.[2] Pada awal 1960-an, riset dan penelusuran terhadap perjalanan hidup Solomon Northup kembali dilakukan,[3] dan edisi terbaru memoar yang disunting oleh kedua sejarawan ini diterbitkan oleh LSU Press pada tahun 1968.[4] Pada tahun 2013, sebuah film berjudul 12 Years a Slave yang disutradarai oleh Steve McQueen dan dibintangi Chiwetel Ejiofor dirilis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Northup, Solomon. Twelve Years a Slave: Summary, online text at Documenting the American South, University of North Carolina, accessed 19 July 2012
  2. ^ "'12 Years a Slave' prompts effort to recognize work of UNO historian in reviving tale". http://www.nola.com. Diakses tanggal 2013-09-27.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)
  3. ^ "An Escape From Slavery, Now a Movie, Has Long Intrigued Historians". http://www.nytimes.com/. Diakses tanggal 2013-09-26.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)
  4. ^ "Twelve Years A Slave by Solomon Northup". http://lsupress.org/. Diakses tanggal 2013-09-26.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Teks daring

Lainnya