/rif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
/rif
Nama lain
  • Badai Band (digunakan pada tahun 1991–1995)
AsalBandung, Indonesia
Genre
Tahun aktif1995–sekarang
Label
Artis terkait
Anggota
  • Andy
  • Adjie Pamungkas (Jikun)
  • Maggi Trisandy
  • Teddy
  • Ovy
Mantan anggota

/rif (singkatan dari rhythm in freedom) adalah grup musik rock Indonesia yang didirikan di Bandung, Jawa Barat pada 1 April 1995 yang beranggotakan Andy (vokal), Jikun (gitar), Maggi (drum), Ovy (gitar) dan Teddy (bass). Sampai saat ini /rif telah memproduksi 7 album musik ditambah 1 album berisi kumpulan lagu terbaik dari /rif.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal terbentuk (1991–1994)[sunting | sunting sumber]

Grup band /rif dibentuk pada tahun 1991 dengan nama Badai Band. Kala itu, Badai beranggotakan 6 orang adalah Restu Triandy (Andy) sebagai vokalis, Aria Baron sebagai gitaris utama (mantan gitaris GIGI), Ardija Hermawan (Iwan Ones) sebagai bassit, Abi sebagai gitaris ritem, Dwi sebagai keyboard dan Ade sebagai drummer. Pada tahun 1993, Abi keluar dari Badai Band. Karena Abi yang lebih memilih fokus dengan band rocknya, Jumpy. Kekosongan gitaris setelah ditinggal Abi membuat Badai Band harus mencari gitaris tetap. Akhirnya pilihan Badai Band jatuh kepada Denny Rachman (Denny), yang menjadi gitaris Badai Band. Dengan masuknya Denny, Formasi dari Badai Band pun berubah : Restu Triandy (Andy) pada Vocal, Ade pada Drum, Ardija 'Iwan' Hermawan pada Bass, Dwi pada Keyboard, Aria Baron Arafat Suprayogi pada Gitar Utama dan Denny Rachman (Denny) pada Gitar Ritem.

Pergantian nama /rif dan awal kesuksesan (1994–2002)[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 1994, untuk kesekian kalinya Badai Band harus kembali dengan perpecahan gitaris, akhirnya Baron keluar dari Badai Band karena ingin melanjutkan kuliahnya di Jakarta. Setelah hengkang dari Badai Band, Baron sempat menjadi Gitaris untuk bergabung dengan grup musik GIGI dan No ! Band hingga akhirnya menjadi gitaris untuk bergabung dengan grup band Baron Soulmate. Walau pun berat hati, tetapi akhirnya Badai Band harus melepas Baron. Masa-masa tanpa Baron harus dilewati dengan personel sesi untuk mengisi jadwal panggung. Setelah Baron hengkang dari Badai Band, yang awalnya Baron sudah mengisi demo rekaman, Baron tidak bisa bergabung lagi di karenakan fokus karena ingin kuliah di Jakarta dan membentuk dengan grup Gigi. Ditinggal gitaris, Badai Band tetap berjuang dengan mencari pengganti Baron, hingga akhirnya, Jikun resmi bergabung menggantikan Baron. Andy juga mengajak Maggi Trisandi (Maggi) untuk mengisi posisi drum.

Dengan masuknya Jikun & Maggi, formasi Badai Band adalah: Andy (vokal), Jikun (lead gitar), Denny (rhythm gitar), Iwan (bass), dan Maggi (drum). Pada tahun 1995 Badai Band mereka berganti menjadi /rif (Rhythm In Freedom) (dengan garis miring di awal nama mereka).

Dengan formasi Andy (vokal), Iwan (bas), Jikun (gitar), Maggi (drum) & Denny (gitar) mereka merambah studio rekaman. Pada tahun 1997, /rif yang berada dalam naungan label Sony Music Entertainment Indonesia kemudian merilis album pertama yang berjudul Radja dan mang melejitkan hits berjudul sama Radja. Pada bulan Oktober 1998 /rif meluncurkan album kedua, Salami, sebuah album yang sarat dengan muatan moral untuk peduli pada alam. 2 tahun kemudian, tepatnya pada bulan April 2000, album ketiga yang berjudul Nikmati Aja diluncurkan. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2002 kembali mereka merilis album keempat berjudul ... Dan Duniapun Tersenyum.

Di pertengahan tahun 2002, Sony Music Entertainment Indonesia kembali memberikan kesempatan pada single "Dunia" untuk mengisi soundtrack film Spiderman. Walau sebatas edisi lokal, nama mereka sukses bersanding dengan musisi internasional sekelas Aerosmith & Sum 41.

Perpecahan, keluarnya Denny serta Iwan, The Best Of /rif dan masuknya Teddy (2003–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Sayang, adanya pertentangan internal, membuat Denny, sang gitaris merasa lagi tak sepaham dengan /rif dan mengundurkan diri. Ovy, mantan gitaris U'Camp akhirnya resmi menggantikan posisinya pada Maret 2003.

Album The Best Of /rif pun dirilis tahun 2004. Meski merilis album the best, mereka menyatakan tak berniat bubar. Untuk membuktikannya, /rif merilis album kelima mereka, Pil Malu (2006). Namun, sayangnya setelah rilis album Pil Malu, /rif untuk kesekian kali harus ditinggalkan salah satu personilnya yaitu bassist Iwan Ones. Iwan memilih hengkang setahun usai rilisnya album kelima, tepatnya pada tahun 2007. Setelah Iwan hengkang, posisi bassist kemudian diisi oleh additional player.

Pada awal tahun 2010, /rif sebagai band rock papan atas Indonesia diaulat menjadi duta dari perusahaan minuman keras asal Amerika, Jack Daniels. Album /rif yang ke 7 lah yang akan disponsori Jack Daniels, menggantikan Koil, yang selama ini menjadi duta Jack Daniels.

Karena penjualan minuman keras dilarang di Indonesia, maka /rif tidak akan mengusung merek minuman keras tersebut. Jack Daniels hanya akan membantu dan mensponsori tur dalam rangkaian program musik mereka.

Sejak Iwan Ones keluar dari /rif pada tahun 2007, posisi bassist dalam band yang mulai merilis album sejak tahun 1997 ini pun kosong. Sampai tahun-tahun terakhir, band yang diawaki Andi (vokal), Maggi (drum), Jikun (gitar) & Ovy (gitar) masih mengandalkan additional player.

Namun dalam konser tunggalnya yang bertajuk Rock n Roll Fantasy ini, /rif secara mengejutkan mengumumkan bahwa Teddy, additional player yang telah mengiringi mereka selama beberapa tahun resmi diangkat menjadi anggota tetap. Pengangkatan Teddy tersebut dilakukan atas permintaan Iwan Ones, mantan bassist /rif.

Anggota Band[sunting | sunting sumber]

Anggota Sekarang[sunting | sunting sumber]

Mantan Anggota[sunting | sunting sumber]

  • Ardija Hermawan – bass, vokal latar (1991–2007)
  • Ade – drum (1991–1994)
  • Dwi – keyboard (1991-1994)
  • Abi – gitar kedua (1991–1994)
  • Aria Baron – gitar utama (1991–1994)
  • Denny Rachman – gitar kedua, vokal latar (1994–2003)

Garis waktu[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album studio[sunting | sunting sumber]

Album kompilasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]