Đồng Tâm Long An F.C.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Đồng Tâm Long An
Nama lengkapĐồng Tâm Long An F.C.
Berdiri2000
StadionLong An Stadium
Tân An, Vietnam
(Kapasitas: 15,000)
ManajerVietnamese Huynh Ngoc San
LigaV-League
Kostum kandang
Kostum tandang

Đồng Tâm Long An merupakan sebuah tim sepak bola Vietnam yang bermain di Divisi Utama V.League 1. Didirikan pada tahun 2000. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Long An yang berkapasitas 20.000 penonton. Seragam mereka berwarna merah-putih. Sejak Sabtu, 12 Desember 2015 tim ini secara resmi menggunakan nama Long An Football Club (bahasa Vietnam: Câu lạc bộ Bóng đá Long An), menggantikan nama lama Đồng Tâm Long An Football Club.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Klub sepak bola Đồng Tâm Long An merupakan hasil penggabungan dua tim sepak bola: Tim Long An dan tim muda Đồng Tâm Tiles.

Sejak pertengahan tahun 1990-an, Đồng Tâm memberi perhatian pada kegiatan olahraga bagi pegawai perusahaan, terutama sepak bola. Kemudian, lahirlah gerakan tim sepak bola muda Gach Đồng Tâm pada tahun 1996 dan berkembang seiring dengan aktivitas bisnis umum perusahaan tersebut.

Pada tahun 2000, merespons ajakan pemerintah untuk mensosialisasi olahraga di Vietnam, dengan perhatian dan dukungan dari Komite Rakyat provinsi Long An, perusahaan itu bekerja dan berkonsultasi dengan Department of Provincial Sport Long An Province (departemen olahraga daerah provinsi Long An) untuk mengambil alih tim sepak bola Long An yang sedang bermain pada Kejuaraan Utama.

Setelah menerima tim-tim itu, anggota Dewan perusahaan dikirim ke luar negeri untuk belajar dari model sepak bola profesional di negara-negara sepak bola yang sudah berkembang seperti Argentina, Portugal, Italia, untuk membentuk klub sepak bola profesional pertama di Vietnam.

Pada tahun 2001, tim ini beralih ke model profesional, ditransfer kepengurusannya pada Đồng Tâm Joint Stock Company, selanjutnya pada tahun 2002 pada Đồng Tâm Co. Sports Management, lalu bergabung kepada tim perusahaan, dan menjadi klub sepak bola Đồng Tâm Long An Tiles. Vo Quoc Thang, Chairman dari Đồng Tâm Joint Stock Company, memperhatikan investasi konstruksi sehingga tim ini mempunyai perkembangan pesat serta menjadi salah satu "empat besar" dalam V-League bersama Becamex Bình Dương, SHB Đà Nẵng dan Hoàng Anh Gia Lai.

Klub ini juga membangun tim cadangan bernama Tile Dong Tam Long An untuk bermain pada Divisi Kedua. Pada akhir tahun 2005, klub ini menerima klub sepak bola Bank of East Asia untuk membangun tim kedua yang bernama Son Dong Tam Long An untuk bermain pada National Football League di Vietnam 2006. Namun, pada akhir musim 2006, tim Son Dong Tam Long An ditransfer kepada perusahaan perseroan terbatas Royal Sports Development sebagai klub sepak bola inti Cement Vinakansai Ninh Binh.

Sejak musim tahun 2007, tim ini mengubah namanya menjadi "Đồng Tâm Long An" (menghilangkan kata "Tiles").

Pemain[sunting | sunting sumber]

Skuat saat ini[sunting | sunting sumber]

Per 30 Desember 2015

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
1 GK Vietnam VIE Nguyễn Tiến Phong
2 DF Vietnam VIE Hồ Hải Phong
3 DF Vietnam VIE Phạm Hoàng Lâm
4 DF Vietnam VIE Tran Chi Cong
5 MF Vietnam VIE Trần Bảo Anh
7 FW Vietnam VIE Dương Anh Tú
8 FW Mali MLI Souleymane Diabate
9 FW Brasil BRA Rafael
10 MF Vietnam VIE Phan Văn Tài Em (Captain)
11 MF Vietnam VIE Huỳnh Tấn Tài
12 DF Vietnam VIE Trần Thanh An
14 MF Vietnam VIE Nguyễn Thanh Hải
15 DF Vietnam VIE Trần Huỳnh Lân
No. Pos. Negara Pemain
16 DF Vietnam VIE Phan Thanh Giang
17 MF Vietnam VIE Nguyễn Tài Lộc
18 DF Vietnam VIE Nguyễn Cao Thiện
19 DF Vietnam VIE Phạm Thanh Cường
20 DF Vietnam VIE Huỳnh Quang Thanh
21 DF Vietnam VIE Trần Phước Thọ
22 FW Vietnam VIE Trần Hoài Nam
24 MF Vietnam VIE Phan Tấn Tài
25 GK Vietnam VIE Nguyễn Huỳnh Quốc Cường
26 GK Vietnam VIE Nguyễn Tiến Anh
27 DF Vietnam VIE Võ Nhật Tân
28 MF Vietnam VIE Trần Đình Hưng
FW Vietnam VIE Lê Văn Tân

Gelar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]