Åre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Åre
Åre is located in Swedia
Åre
Koordinat: 63°24′LU 13°05′BT / 63,4°LU 13,083°BT / 63.400; 13.083Koordinat: 63°24′LU 13°05′BT / 63,4°LU 13,083°BT / 63.400; 13.083
Negara Swedia
Provinsi Jämtland
Daerah Daerah Jämtland
Munisipalitas Munisipalitas Åre
Luas[1]
 • Total 1,67 km2 (64 mil²)
Populasi (31 Desember 2010)[1]
 • Total 1.417
 • Kepadatan 848/km2 (2,200/sq mi)
Zona waktu CET (UTC+1)
 • Musim panas (DST) CEST (UTC+2)

Åre ([o:re]) merupakan sebuah wilayah dan salah satu resor ski terkemuka Skandinavia yang terletak di Munisipalitas Åre, Daerah Jämtland, Swedia dengan 1.417 penduduk pada tahun 2010. [1] Meskipun demikian, bukan sebuah munisipalitas, yaitu Järpen. 25% dari industri kota didasarkan pada pariwisata, terutama resor lereng ski dan bersepeda di Åre dan Storlien. Pertumbuhan pariwisata telah mengakibatkan pengembangan hotel, rekreasi dan kesempatan belanja di daerah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Selama lebih dari 1000 tahun orang telah tinggal di kaki Gunung Åre. 1000 tahun yang lalu daerah sekitar Åre yang dihuni oleh Viking dan suku Sami. Hal ini dapat dilihat pada nama-nama desa terdekat, seperti Fröå dan Ulla yang turun dari nama dua dewa Norse.

Pada abad ke-12 Gereja Tua Åre dibangun dan orang-orang harus berpindah agama dari keyakinan lama mereka. Olaf Yang Suci adalah tokoh sejarah yang telah mempengaruhi desa dan selama berabad-abad peziarah melewati desa dalam perjalanan mereka ke Trondheim. Pada abad ke-18 dan ke-19 tambang tembaga di Fröå adalah industri penting. Pariwisata mulai tumbuh pada awal abad ke-19 dan Grand Hotel Åre pertama didirikan pada tahun 1896. Raja-raja Swedia dan Norwegia datang untuk tinggal di Åre dan Storlien untuk tujuan rekreasi sejak abad ke-19.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Åre terletak di Åredalen, sekitar 400 meter (1.300 kaki) AMSL di garis pantai Åresjön. Åre dilalui European route E14 dan kereta api Mittbanan, yang menghubungkan kota-kota besar Östersund dan Trondheim.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Pariwisata di Åre dimulai ketika Raja Oscar II pada tahun 1882 membangun rel kereta api ke Trondheim di Norwegia. Dengan kereta api baru ini banyak orang datang ke Åre untuk menghirup udara segar dan berjalan ke puncak Åreskutan. Mereka segera mengenalnya sebagai "udara pengunjung" (luftgäster). [2]

Tidak ada hotel, tapi pada tahun 1888 Albin Wettergren membuka restoran oleh stasiun kereta api. Pada tahun 1891 Åre Tourist Station dibuka dan bahkan lebih banyak pengunjung yang tertarik ke desa.

Seorang wanita dari Östersund melihat pariwisata meningkat ini sebagai kesempatan besar untuk membuka sebuah hotel dan melakukannya pada tahun 1895. Hotel itu disebut "Hotell Åreskutan". Albin Wettergren juga membuka hotel ("Grand Hotell"). Ini hanya beberapa dari semua hotel yang akan didirikan di Åre. [3]

Pada tahun 1910, Åre Bergbana dibangun dan yang ketiga di Swedia setelah satu di Skansen (1898) dan satu di Kirunavaara (1907). [4] Bangunan ini adalah cara yang lebih nyaman bagi udara pengunjung untuk mencapai puncak dari Åreskutan.

Pada tahun 2008 hotel Copperhill Mountain Lodge dibuka pada bagian atas Gunung Förberget di Åre, Swedia. Dirancang oleh arsitek Amerika Peter Bohlin, hotel ini adalah satu-satunya hotel gunung di Skandinavia disebut sebagai Hotel Desain.

Aktivitas musim dingin[sunting | sunting sumber]

Mengambil keuntungan dari fell Åreskutan, pusat utama untuk ski alpine di Swedia telah membuat Area Ski Åre, olahraga lebih dari 30 ski modern. Area Ski Åre menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Alpine pada tahun 1954 dan 2007, dan kompetisi freeskiing Jon Olsson Invitational tahunan, yang berakhir pada tahun 2009. Pada 9-10 Maret 2012 Piala Dunia FIS Freestyle akan diselenggarakan di "slalombacken" dekat dengan pusat desa.

Åre juga akan menjadi situs sekunder untuk acara alpine dari Östersund dalam upaya untuk organisasi Olimpiade Musim Dingin XXII, Olimpiade Musim Dingin 2014.

Tokoh terkemuka[sunting | sunting sumber]

Aktivitas musim panas[sunting | sunting sumber]

Åre sejak tahun 1990-an menjadi resor sepada gunung terbesar di Swedia. Pada tahun 1999 Åre adalah tuan rumah UCI Mountain Bike & Trials World Championships dan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nordic 2007. Ada banyak penilaian bersepeda menuruni gunung. Åre Bikepark dibuka mulai dari 1 Mei sampai 15 Oktober dan merupakan tuan rumah untuk Festival Mayhem.

Selama musim panas Åre juga dapat berolahraga hiking, paralayang, kayak, dan golf sekitar 15 menit membentuk desa. Pada bulan Juli setiap tahun terdapat ajang olahraga di Åre, yaitu Åre Extreme Challenge. Ini dianggap sebagai kejuaraan Skandinavia di ajang olahraga.

"Salah satu dari sepuluh resor ski terbaik di dunia"[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008 Åre ditunjuk sebagai salah satu dari sepuluh resor ski terbaik di dunia pada daftar dari majalah Condé Nast Traveller [5]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Bandara terletak di 99 kilometer ke arah timur, di luar pusat Östersund, di pulau Froson. Bandara Åre Östersund adalah bandara internasional dan terbesar kesembilan di Swedia dengan sekitar 390 000 penumpang pada tahun 2005. Bandara ini adalah salah satu dari beberapa bandara Swedia dengan lalu lintas masuk pengunjung asing.

European route E14 berjalan melalui Åre dari Trondheim via Östersund ke Sundsvall, di mana rute ini menyatu dengan European route E45.

Åre memiliki komunikasi kereta api yang sama. Mittnabotåget beroperasi antara Meråkerbanen Norwegia dari Trondheim ke Storlien dan Mittbanan Swedia dari Storlien via Östersund ke Sundsvall. Östersund terhubung ke Stockholm, Gothenburg dan Malmo melalui jarak jauh X 2000 (kereta api berkecepatan tinggi), InterCity dan kereta malam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]