Årdal, Sogn og Fjordane

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lambang kotamadya
Untuk pengertian lain, silakan lihat Årdal

Årdal ialah sebuah kotamadya di provinsi Sogn og Fjordane, Norwegia.

Terletak di bagian dalam Sognefjorden dan memiliki pelabuhan bernama Jotunheim. Ada 2 komunitas, Årdalstangen dan Øvre Årdal, dengan jumlah penduduk 6.000. Ada beberapa tempat kecil sepanjang fjord (Naddvik, Offerdal dan Seimsdal) dan ke arah pegunungan (Fardal, Utladal dan Vetti). Årdal ialah komunitas industri modern, dengan ikatan ke masyarakat petani dan nelayan kuno. Dikelilingi oleh alam yang dramatis dengan pegunungan dan air terjun yang tinggi. Iklimnya sejuk dan curah hujannya kurang banyak daripada bagian barat Norwegia. Årdal ialah titik tolak yang baik untuk menjelajahi margasatwa taman nasional Jotunheimen, dan dengan aktivitas musim panas dan dingin di perbatasannya. Air terjun Vettisfossen terletak di kotamadya ini.

Masyarakat Årdal Sogelag memiliki perhatian pada sejarah setempatnya dan mengadakan layanan informasi untuk orang yang bersentuhan dengan Årdal.

Nama[sunting | sunting sumber]

Bentuk Norse dari nama ini ialah Árdalr. Unsur pertama ialah kasus genitif á yang berarti 'sungai' (di sini Utla), unsur terakhir ialah dalr yang berarti 'lembah'.

Hingga 1921 nama ini ditulis Aardal.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]