Sheriff: Narko Integriti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sheriff)
Sheriff: Narko Integriti
SutradaraSyafiq Yusof
Produser
  • Yusof Haslam
  • Raja Jastina Arshad
Ditulis oleh
  • Nazifdin Nasrudin
  • Syafiq Yusof
CeritaYusof Haslam
Pemeran
Penata musik
  • Sham Stalin
  • Latt Faizal
SinematograferRahimi Maidin
Penyunting
  • Izaq Yuzaini
  • Nazifdin Nasrudin
  • Syafiq Yusof
Perusahaan
produksi
Skop Productions
Astro Shaw
DistributorAstro Shaw
Tanggal rilis
  • 18 April 2024 (2024-04-18) (Malaysia, Brunei & Singapura)
  • 23 April 2024 (2024-04-23) (Indonesia)
Durasi112 menit
NegaraMalaysia
BahasaMalay
AnggaranRM6 million
Pendapatan
kotor
RM60.5 million

Sheriff: Narko Integriti adalah sebuah film thriller aksi Malaysia tahun 2024 yang disutradarai dan skenario oleh Syafiq Yusof berdasarkan cerita oleh ayahnya, Yusof Haslam yang juga memproduseri film tersebut dengan diproduksi dan didistribusikan bersama oleh Skop Productions dan Astro Shaw. Dibintangi Zul Ariffin sebagai karakter tituler bersama Syafiq Kyle, Aaron Aziz, Elizabeth Tan dan Azira Shafinaz.

Syuting film ini berlangsung selama 81 hari di sekitar Lembah Klang dari Februari hingga Mei 2023, tepat setelah perilisan Polis Evo 3 yang juga disutradarai oleh Syafiq. Film ini dirilis di bioskop Malaysia, Brunei, dan Singapura pada 18 April 2024, seminggu setelah Idul Fitri. Film ini mendapat ulasan positif yang sangat besar dari para kritikus dan pembuat film atas arahan, penulisan, casting, pergerakan kamera, dan alur cerita.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Nazri, anggota polisi dari Badan Reserse Narkoba menilai permasalahan sindikat narkoba jenis sabu milik Tony Ifrit semakin meluas dan kerap lepas dari jeratan hukum saat menjalani proses peradilan. Nazri memutuskan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Sementara itu, Sheriff, seorang polisi dari Departemen Integritas diutus oleh IGP untuk menyelesaikan kasus 'Meth Killer'. Sheriff dan Nazri ditugaskan berada di bawah satu departemen. Ada kemungkinan Pembunuh Sabu ada di Narkotika sendiri.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Zul Ariffin sebagai DSP Sherifuddin Hussein, petugas dari Departemen Integritas (Departemen Integritas dan Kepatuhan Standar (ISCD) RMP di kehidupan nyata) yang menangkap polisi lainnya.
    • Mikael Noah sebagai Sheriff muda.
  • Syafiq Kyle sebagai Inspektur Nazri Mutalib, seorang polisi muda dari Departemen Narkoba dan saudara dari ASP Syazlin. Nazri juga dikenal sebagai Meth Killer.
  • Aaron Aziz sebagai Tony Ifrit, pengedar narkoba metamfetamin.
  • Elizabeth Tan sebagai ASP Jennifer Wong, unit Pasukan Khusus D1 dari RMP
  • Azira Shafinaz sebagai ASP Syazlin, seorang polisi wanita dari Departemen Narkotika dan saudara perempuan dari Inspektur Nazri
  • Amir Nafis sebagai Inspektur Farouk
  • Kodi Rasheed sebagai Firdaus bin Ishak, seorang veteran Angkatan Darat Malaysia yang memberikan informasi kepada Inspektur Nazri
  • Shaharuddin Thamby sebagai Inspektur Muhammad Malik bin Abdullah, Kepala Reserse Kriminal Departemen Narkotika
  • Esma Daniel sebagai Inspektur Roslan, kepala Departemen Integritas
  • Kamal Affandi Hashim sebagai DSP Hafsham, orang kedua di unit Malik dan komandan petahana
  • Natasya Mahyan sebagai Sub-inspektur Wani, tunangan Inspektur Nazri dan polisi Departemen Narkoba yang menyamar
  • Hazama Azmi sebagai Inspektur Amirul Asyraff (cameo), seorang petugas polisi yang melindungi aktivitas perjudian
  • Azri Iskandar Hussein Osman, ayah DSP Sheriff yang ditembak polisi pada tahun 80an (flashback)
  • Hasnul Rahmat sebagai Syed Abdul Rahman, Ketua Hakim Malaya yang korup yang menerima suap dari Tony Ifrit
  • Zen Ng sebagai Detektif Hong
  • Meynillen Thamil Selvan sebagai Detektif Nagarajah
  • Siraj Alsagoff sebagai Kopral Arkash, seorang petugas polisi di tahun 80an yang menembak ayah DSP Sheriff

Untuk karakter tambahan, Azalizan Azaman berperan sebagai Faizal, Mohd Khairulanuar Zulkifli sebagai Razak, Mohamad Fadhil Haniff sebagai Kapak, Hazly Hassan dan Nizam Bahar berperan sebagai Tony's Guard dan Joannes Anak Mosas, Akmal Asyraf dan Muhammad Azri Mokhtar sebagai Tony's Gang.

Faizal Noar, yang sebelumnya bekerja dengan Syafiq Yusof sebagai asisten sutradara dan Hassan Muthalib disebutkan dalam film tersebut untuk "pembuatan" film Hujan di Kuala Lumpur. Gelar tersebut dijadikan sebagai bukti dari Nazri atas perbuatannya pada malam itu.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Sheriff: Narko Integriti merupakan film polisi ketiga yang disutradarai Syafiq Yusof setelah KL Special Force (2018) dan Polis Evo 3 (2023). Ini merupakan kolaborasi keempat antara Syafiq dan Zul Ariffin setelah Misteri Dilaila (2019), Penunggang Agama (2021), dan Penunggang Agama 2 (2021). Pemeran lain yang terlibat adalah Syafiq Kyle,[1] Azira Shafinaz, Elizabeth Tan, Aaron Aziz, Shaharuddin Thamby, Kodi Rasheed, Esma Daniel, Hazama Azmi dan Azri Iskandar.[2] Shaharuddin dan Esma sebelumnya berakting bersama di KL Special Force, sedangkan Elizabeth membintangi Misteri Dilaila (2019) dan Abang Long Fadil 3 (2022), keduanya disutradarai oleh Syafiq. Ini juga menjadi proyek film pertama Syafiq Kyle dan Azira Shafinaz setelah sebelumnya tampil di serial drama Married Tapi Benci (2016) dan One Cent Thief (2022). Tokoh Tony Ifrit awalnya ditujukan untuk Azhan Rani, namun digantikan oleh Aaron Aziz setelah dikeluarkan dari The Original Gangster (2024) karena adanya perselisihan antara Aaron dan Syamsul Yusof.[3][4][5] Aaron mengungkapkan, Syamsul menyuruhnya menyuntik untuk menurunkan berat badan.[6]

Syafiq menambahkan, ia tumbuh besar dengan menonton drama dan film polisi, tidak hanya Gerak Khas tapi juga film Hollywood seperti Lethal Weapon dan Die Hard.[2]

"Sheriff didasarkan pada kisah-kisah nyata polisi di Barat serta Hong Kong dan di kampung halamannya. Saya memastikan bahwa kami mendapatkan pemeran yang bertabur bintang dengan nama-nama yang berbakat dan populer."

Ia juga mengungkapkan bahwa Syerif (Sheriff dalam bahasa Melayu) adalah judul kerja untuk produksi.[2]

Syafiq mengaku ayahnya sangat menyukai film yang disutradarainya, namun tidak sempat memperlihatkan film tersebut kepada sang kakak, Syamsul Yusof.[7]

Dalam trailer yang diunggahnya, beberapa orang sempat marah setelah memperlihatkan "keseluruhan" plot film tersebut, namun Syafiq kemudian membantahnya.[8] Ia mengungkapkan bahwa ia memutuskan untuk mengungkap "Meth Killer" (diperankan oleh Syafiq Kyle) dengan menggunakan konsep terbalik "Whodunnit" atau "Howcatchem".[8][9][10] Ia berharap dapat menarik penonton untuk menonton film tersebut karena ini merupakan eksperimen pertama Syafiq dengan konsep tersebut.[11]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Peringkat[sunting | sunting sumber]

Film ini awalnya diberi peringkat klasifikasi 13, namun dinaikkan satu level menjadi peringkat 16 baru dari LPF.[12] Oleh karena itu Syafiq terpaksa menyetujui keputusan LPF. Ia menyatakan bahwa film tersebut tidak memiliki adegan ekstrim[a] namun menurutnya karena topik yang dibuka itulah yang membuat film tersebut mengubah rating.[12] LPF memberi lampu hijau pada film tersebut untuk dirilis di bioskop.[13]

Trailer resmi film tersebut dirilis di saluran YouTube resmi Skop Productions dan Astro Shaw pada 22 Maret 2024,[9] dan dijadwalkan tayang di bioskop Malaysia dan Singapura pada 18 April 2024, seminggu setelah Idul Fitri.

Promosi[sunting | sunting sumber]

Untuk mempromosikan film tersebut, Skop Productions bersama Secret Recipe membagikan 15 pasang gala night film berdasarkan kontes Snap & Win.[14] Golden Screen Cinemas membagikan amplop dan voucher Raya di bioskop-bioskop terpilih mulai tanggal 2 April.[15] TGV Cinemas akan menyelenggarakan open house Idul Fitri selama dua hari berisi film ini dan Badarawuhi di Desa Penari seharga RM75 dengan 2x MovieMoney.[16] Astro Shaw juga membagikan amplop Raya di lokasi tertentu untuk mempromosikan filmnya.[17]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chua, Dennis (2023-05-23). "#Showbiz: Syafiq Yusof to release second star-studded police drama next year | New Straits Times". NST Online (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-04-06. 
  2. ^ a b c Chua, Dennis (2023-06-06). "#Showbiz: New police action adventure film 'Syerif' | New Straits Times". NST Online (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-04-06. 
  3. ^ Supramani, Shivani (2023-03-23). "Aaron Aziz Dropped From Original Gangster Movie Due To Health, Age And Weight Factors, Reveals Syamsul Yusof | TRP". The Rakyat Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-04-06. 
  4. ^ Zainal, Ramlah (2023-03-23). "'Syamsul, kau jawablah di Padang Mahsyar nanti' - Aaron Aziz". Harian Metro (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-04-06. 
  5. ^ HUSAIN, NURUL HUDA (2023-03-23). "Faktor badan, kesihatan Aaron Aziz digugurkan - Syamsul". Sinar Harian (dalam bahasa Melayu). Diakses tanggal 2024-04-06. 
  6. ^ "Actor Aaron Aziz says director Syamsul Yusof made him take injections to lose weight for movie". The Straits Times (dalam bahasa Inggris). 2023-03-26. ISSN 0585-3923. Diakses tanggal 2024-04-06. 
  7. ^ Zainal, Ramlah (2024-03-24). "'Ayah suka filem Sheriff, tapi Syamsul belum tonton lagi' - Syafiq Yusof". Harian Metro (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-04-06. 
  8. ^ a b "Syafiq Yusof Dedah Mengapa Identiti 'Meth Killer' Dipapar Awal Dalam Trailer 'Sheriff: Narko Integriti'". MyBERITA - Berita Digital Pilihan Anda! (dalam bahasa Melayu). 2024-03-24. Diakses tanggal 2024-04-07. 
  9. ^ a b "Siakap Keli". siakapkeli.my. Diakses tanggal 2024-04-06. 
  10. ^ "Sheriff: Filem Belum Tayang Tapi Syafiq Yusof Selamba Dedah Identiti Meth Killer, Ini Sebabnya". gempak.com. Diakses tanggal 2024-05-05. 
  11. ^ Yusof, Syafiq [@syafiqyusof] (2024-03-24). "Satu konsep baru yg saya cuba bereksperimen. Jangan lupa tonton Filem Sheriff : Narko Integriti di pawagam 18 April 2024 🙏" (Tweet) (dalam bahasa Melayu). Diakses tanggal 2024-04-07 – via Twitter. 
  12. ^ a b Zainal, Ramlah (2024-03-31). "Syafiq akur filem Sheriff diklasifikasi 16 oleh LPF". Berita Harian. Diakses tanggal 2024-04-06. 
  13. ^ AULA, WAFA (2024-04-18). "Filem Sheriff dapat lampu hijau PDRM, LPF". Utusan Malaysia (dalam bahasa Melayu). Diakses tanggal 2024-05-05. 
  14. ^ Secret Recipe [@secretrecipemy] (2024-04-02). "😍 SNAP AND WIN 😍 In collaboration with Skop Production for the new movie Sheriff, we are giving 15 FREE PREMIERE GALA NIGHT TICKETS 🎞️🥳" – via Instagram. 
  15. ^ Golden Screen Cinemas [@gscinemas] (2024-04-02). "Jom dapatkan sampul raya #Sheriff #NarkoIntegriti PERCUMA dan baucer diskaun GSC dengan setiap pembelian 2 tiket di pawagam GSC terpilih mulai hari ini! 😉" – via Instagram. 
  16. ^ TGV Cinemas [@tgvcinemas] (2024-04-06). "Syoknya Raya tahun ni sebab kita boleh beraya dengan #BadarawuhiDiDesaPenari dan #Sheriff di Rumah Terbuka TGV!🔥 Habis je tengok wayang, korang boleh terus makan besar. Kita ada Nasi Impit, Lemang, Rendang Ayam, Mi Kari dan banyak lagi!😍🍉 20 April: TGV Sunway Pyramid & TGV Central i-City 🍉 21 April: TGV Pavilion Bukit Jalil & TGV Sunway Velocity Jom, BELI TIKET SEKARANG sebab takut "SOLD OUT"! Jumpa di sana ya dan Selamat ber- #GembirayadiTGV!🎉" – via Instagram. 
  17. ^ Astro Shaw [@astroshaw] (2024-04-07). "Lagi berapa hari je lagi nak raya geng! Jom dapatkan sampul raya PERCUMA di lokasi kami: Tarikh: 07 April 2024 (AHAD) lokasi: Bazaar Raya, Jalan TAR Masa: 7.00 PM - 12.00 AM Jumpa korang dekat sana! Tak Semua Boleh Settle. Dari pengarah blockbuster Syafiq Yusof @fiq000s" (dalam bahasa Melayu). Diakses tanggal 2024-04-07 – via Instagram. 

External links[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan