Bahasa Tamiang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bahasa Melayu Tamiang)
Bahasa Melayu Tamiang
bahase Temiang
Dituturkan diIndonesia
WilayahKabupaten Aceh Tamiang
EtnisTamiang
Penutur
Dialek
Hulu
Hilir
Kode bahasa
ISO 639-3
 Portal Bahasa
L • B • PW   
Sunting kotak info  Lihat butir Wikidata  Info templat

Bahasa Melayu Tamiang (bahase Temiang) adalah sebuah dialek bahasa Melayu yang dituturkan oleh suku Tamiang di Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Secara geografis, bahasa ini dituturkan di bagian selatan pesisir timur Aceh yang berbatasan dengan Sumatera Utara.[1]

Dialek[sunting | sunting sumber]

Bahasa Melayu Tamiang secara umum diketahui memiliki dua dialek, antara lain:

Tamiang Hulu

Dialek ini digunakan oleh masyarakat di wilayah kecamatan Tamiang Hulu, Kejuruan Muda, Kota Kuala Simpang, serta sebagian kecamatan Karang Baru dan Rantau. Dialek Tamiang Hulu identik dengan penggunaan huruf [o] di akhir suku kata.

Tamiang Hilir

Dialek ini digunakan oleh masyarakat di wilayah kecamatan Seruway, Bendahara, serta sebagian kecamatan Manyak Payed, Karang Baru, dan Rantau. Dialek Tamiang Hilir identik dengan penggunaan huruf [e] di akhir suku kata.

Pelafalan[sunting | sunting sumber]

Pelafalan huruf [r] dalam bahasa Melayu Tamiang diucapkan menjadi [gh], seperti dialek bahasa Melayu lain pada umumnya di pesisir timur Sumatra. Dalam sistem penulisan bahasa Melayu Tamiang tidak menggunakan lafal [gh], akan tetapi disempurnakan dengan huruf [ġ] pada tengah suku kata dan huruf [q] jika terdapat pada akhir suku kata. Contohnya terdapat pada kata deġeh atau deġas 'deras' dan dengoq atau dengaq 'dengar'.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tamiang". kbbi.kemdikbud.go.id. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Diakses tanggal 17 Juni 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]