Semenanjung Malaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Semenanjung Melayu)
Semenanjung Malaya
Nama lokal:
Semenanjung Tanah Melayu ((Melayu)), سمننجوڠ تانه ملايو ((Arab)), လေး ကျွန်းဆွယ် ((Burma)), คาบสมุทรมลายู ((Siam)), மலாய் தீபகற்பம் ((Tamil)), 馬來半島 ((Mandarin))
Lokasi Semenanjung Malaya
Geografi
LokasiAsia Tenggara dan Melanesia
Koordinat7°00′N 100°00′E / 7.000°N 100.000°E / 7.000; 100.000Koordinat: 7°00′N 100°00′E / 7.000°N 100.000°E / 7.000; 100.000
Dibatasi olehSamudra Hindia, Samudra Pasifik
Luas242.363,8 km2
Titik tertinggiGunung Tahan (2,187 m)
Peta

Semenanjung Malaya, semenanjung Malaka, atau ujung Medini (bahasa Melayu: Semenanjung Tanah Melayu atau Semenanjung Melayu) adalah semenanjung di Asia Tenggara dan Melanesia. Luas awalnya membentang dari utara yaitu Kayah, Kayin, Martaban, Tanah Sari, Mae Hong Son, Tak, Phet, Sawan, Utaitani, Singburi, Pathom, Samut, Ratchaburi, Phetchaburi, Kanchanaburi, Prachuap Khiri Khan, hingga ke selatan Tumasik dan Batam. Namun, luas sekarang hanya meliputi Semenanjung Malaysia sekarang karena bangsa daratan mengambil alih kawasan utara sepenuhnya dalam sejarah. Penduduk pribumi di semenanjung ini adalah Orang Asli dan orang Melayu, sebuah suku Austronesia.

Sungai Sittaung, Sungai Chiang, Sungai Kuantan, Sungai Perak, Sungai Kedah, dan Sungai Kelantan merupakan bagian dari sistem Pegunungan Kra atau Pegunungan Tahan yang membentuk pembatas di utara. Sedangkan, Selat Malaka, Selat Johor, Laut Selatan merupakan pembatas dari selatan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Malay Peninsula di Wikimedia Commons